Saturday, June 6, 2020

Cara Mengajukan Visa Jepang Biasa



Hi T-Bee,

Berkas yang perlu dipersiapkan ;

1. Paspor

  • Jika kamu baru akan buat paspor untuk pertama kalinya, sebaiknya langsung memilih untuk membuat paspor elektronik daripada paspor biasa karena dengan paspor elektronik kamu tidak perlu "mengajukan" visa, melainkan hanya mendaftarkan paspor kamu untuk bebas visa di kedutaan Jepang gratis, kalau di VFS kamu akan dikenakan biaya. Kamu bisa baca disini untuk pengalaman saya mengajukan bebas visa di kedutaan Jepang.
  • Jika kamu sudah punya paspor biasa, disarankan juga untuk upgrade menjadi paspor elektronik. Kamu bisa baca disini untuk pengalaman saya ganti ke paspor elektronik.

2. Surat rekomendasi bank

Apa itu surat rekomendasi bank ? Ini adalah surat yang diterbitkan atau dikeluarkan oleh bank untuk memberikan informasi bahwa selama kamu memiliki rekening di bank tersebut, transaksi kamu tidak ada yang mencurigakan dan rekening bank kamu tidak pernah terlibat masalah.

Saya menggunakan Bank Mandiri. Biasanya surat ini diperlukan tanda tangan kepala cabang tempat rekening kamu di buka, tapi kamu bisa meminta surat rekomendasi ini di cabang mana pun tapi prosesnya tidak bisa langsung jadi di hari itu karena mereka perlu konfirmasi ke kantor cabang rekening kamu.

Biayanya sebesar Rp. 50,000 yang akan di auto debet dari rekening kamu.
Kamu akan diberikan formulir yang perlu kamu isi sebagai request ;

  • Surat-nya mau dalam bahasa inggris atau bahasa indonesia -> pilih bahasa indonesia
  • Ditujukan ke siapa -> Embassy of Japan
  • Alamat tujuan -> kamu memang akan mengajukan via VFS, tapi tujuannya tetap alamat Kedutaan Jepang yang di Thamrin, Jakarta.
  • Apakah mau disebutkan jumlah saldo terakhir -> saya pilih tidak (dan dua kali mengajukan saya tidak pernah ada masalah karena hal ini)
  • Persetujuan untuk di debit biaya admin pembuatan surat rekomendasi ini

3. Rekening koran 3 bulan terakhir

Sebenarnya ditolak atau tidaknya saya tidak yakin 100% ditentukan oleh jumlah uang yang terakhir ada di saldo kamu. Tapi mereka akan melihat apakah kamu ;

  • ada pemasukan rutin untuk membuktikan bahwa keuangan kamu 'sehat'
  • saldo terakhir kamu bukan berasal dari 1x transfer dalam jumlah besar
  • saldo terakhir kamu make sense untuk durasi tinggal di jepang, misalnya kamu akan 5 hari di Jepang tapi saldo terakhir kamu hanya 1 juta rupiah, ini kemungkinan akan mempengaruhi keputusan disetujui tidaknya visa kamu.

Tidak ada jumlah pastinya berapa uang yang harus ada di saldo, 2x saya mengajukan visa turis single entry hanya dengan saldo terakhir minimum 1 juta per hari untuk di Jepang.

4. Formulir pendaftaran
Download formulir tersebut dari halaman ini dan di print.
Bisa di print atau ditulis tangan dan foto di tempel langsung sendiri.

5. Fotokopi KTP
Fotokopi ktp kamu di kertas A4 halaman depan dan belakang dalam satu halaman dan jangan di gunting.

6. Tiket pesawat
Tiket pesawat pulang pergi kamu untuk bukti bahwa setelah selesai wisata kamu akan kembali ke Indonesia. Kamu juga bisa print voucher hotel atau AirBnB kamu, di pengajuan visa saya yang ke dua ini dikembalikan tapi lebih baik dipersiapkan dan dibawa ya.

7. Itinerary selama di Jepang
Kamu perlu membuat itinerary dan aktivitas kamu selama di Jepang. Format dokumennya bisa download di halaman ini

8. Foto
Foto yang diambil selama 6 bulan terakhir dan kuran wajib 4,5x4,5 cm dengan latar putih.

Pengajuan
Kamu perlu datang ke kantor VFS Jepang di Lotte Mall Jakarta

Ada dua cara untuk pengajuan ;
1. Datang langsung
Kamu bisa datang langsung dengan mengikuti sistem antrian datang langsung, karena antrian yang menggunakan janji temu berbeda

2. Janji temu
Jadwalkan pertemuan kamu di halaman ini. Jadi kamu bisa datang sesuai jam yang sudah ditentukan. Saya menggunakan fitur ini, datang dan duduk 5 menit kemudian nomor antrian saya sudah di panggil dan berkas diserahkan.

Pembayaran
Setelah kamu mengajukan berkas kamu akan mendapatkan invoice dan bukti tanda terima.  Silahkan lakukan pembayaran, counter permbayaran akan memanggil no antrian kamu.

  • Bisa bayar cash, debit card, dan credit card.
  • Biayanya Rp. 570,000 total per orang untuk single entry
  • Cek updatenya di halaman ini

Layanan Tambahan
Enaknya dengan VFS adalah mereka punya layanan tambahan untuk kamu yang gak mau ribet, tentunya ada biaya tambahan. Beberapa layanan tambahannya seperti ;

  • Kurir
    Setelah proses selesai akan langsung diantarkan ke kamu langsung di hari yang sama. saya kemarin menggunakan ini karena biar gak bolak balik dan minta diantar ke alamat kantor, kemarin mereka menggunakan RPX service.
  • SMS
    Dapat update tentang status aplikasi kamu. saya kemarin gak pakai ini tapi cek berkala aja di loginan vfs.
  • DLL : fotokopi, bisa foto langsung disana juga, lounge nunggu, ngambil paspor sendiri tapi diluar jam kerja mereka, dll


Website VFS Reference : https://www.vfsglobal.com/japan/indonesia/

0 comments:

Post a Comment