Saturday, April 7, 2018

Jenis Tiket JR Pass yang Super Irit Tapi Untung



Buat kamu yang bingung mau beli JR Pass, tapi ;

  • Kemahalan karena harganya yang lebih mahal dari harga tiket pesawat PP kamu : 3,6 Juta !
  • Enggak akan banyak menggunakan kereta untuk keliling Jepang
  • Lebih banyak tinggal di Tokyo dan akan berkunjung ke sekitarnya aja
Berarti, Tokyo Wide Pass pas banget buat kamu, karena dengan Tokyo Wide Pass kamu bisa mengunjungi Tokyo dan sekitarnya selama tiga hari hanya dengan harga JPY 10,000 dan sudah termasuk JR Line Tokyo. Jadi kamu bisa menggunakan JR Line Tokyo tanpa perlu beli karcis lagi, cukup lewat jalur khusus sambil menunjukkan pass kamu. Ditambah, kalau kamu menggunakan sampai dengan hari terakhir kamu di Tokyo, maka kamu juga bisa naik NEX (Airport Train to Narita) gratis !

Ketika saya melakukan pembelian Tokyo Wide Pass di Shinjuku Station, saya langsung tukar tiket untuk tiga hari kedepannya. Waktu itu petugasnya super baik banget, di print-in jadwal kereta tujuan-tujuan saya pulang pergi dan saya dipersilahkan memilih, kemudian petugasnya akan mem-print tiket yang bisa saya gunakan nantinya untuk naik kereta.

Rute yang di cover sebagai berikut ;



Berikut itinerary yang saya gunakan untuk tiga hari terakhir di Tokyo ;

Day 1 : Tokyo to Kawazu untuk melihat Sakura

Ketika melakukan penukaran tiket, harap diperhatikan untuk memilih kereta yang memang destinasi terakhirnya adalah Kawazu. Sehingga, kamu enggak perlu turun di Ito atau Azami untuk ganti kereta. Kamu cukup akan ditagih JPY 200 oleh kondektur kereta karena rute dari Ito tidak di cover ToSekyo Wide Pass, tapi kamu juga tidak akan diturunkan.

Kawazu merupakan kota kecil di daerah semenanjung selatan Tokyo. Perjalanan naik kereta sekitar 2,5 jam dan kamu akan sampai di kota yang sejuk dan sepi. Kenapa saya memilih Kawazu karena kota ini merupakan kota pertama dari mekarnya bunga sakura di Jepang. Saya pergi di awal bulan Maret dan dari hasil search seharusnya sakura di Kawazu sudah mulai bermekaran. And finally, yes, I saw it ! Enggak kebayang Kawazu ketika sakura bener-bener lagi mekar-mekarnya.

Kamu bisa puas-puasin keliling jalan kaki di daerah Kawazu karena lokasi sungai untuk melihat bunga sakura ini gak jauh dari Kawazu Station. Bahkan ada foot sauna gratis ! Di Kawazu 4 jam cukup, kecuali kamu bareng sama rombongan yang gila foto, silahkan di adjust seharian yaaa.

*Harga asli PP (tanpa Pass) : JPY 4,600



Day 2 : Kawaguchi-ko, Gunung Fuji

Untuk Kawaguchi-ko juga berangkat dari Shinjuku Station selama 2,5 jam. Saya tidak menggunakan bus ke Kawaguchi-ko karena Level 5 untuk Kawaguchi-ko masih ditutup ketika saya berada disana dan saya lebih suka naik kereta. Pemandangan Kawaguchi-ko ini memang bagus tapi sebenarnya termasuk biasa aja tapi saya enggak pernah ngelupain gimana saya pertama kali liat Gunung Fuji dari jendela kereta saya hari itu. Gunung yang selalu saya liat di buku pelajaran SD dan gak pernah kebayang saya bisa traveling ke Jepang dan saat itu ada di depan saya, persis dengan kuncup salju diatas gunung yang jadi khas-nya.

*Harga asli PP (tanpa Pass) : JPY 5,000

Day 3 : Gala Yuzawa Ski Resort

Buat kamu yang datang ketika Jepang sedang gak turun salju tapi mau main dan liat salju, kamu bisa ke Gala Yuzawa yang hanya sekitar 1 jam perjalanan menggunakan kereta Shinkansen. Turunnya langsung di stasiun ski resort nya, ketika kamu keluar dari platform sudah langsung tempat penyewaan alat-alat permainannnya. Keuntungan menggunakan Tokyo Wide Pass kamu juga akan mendapatkan diskon di ski resort ini. Silahkan visit website ski resort-nya dulu untuk cek periode waktu atau tanggal operasi mereka ya.


*Harga asli PP (tanpa Pass) : JPY 14,000

Day 3 : Shinjuku Station to Narita

Penerbangan saya kembali ke Jakarta itu penerbangan malam hari pukul 22.00, sehingga saya masih bisa menggunakan Tokyo Wide Pass untuk bisa naik NEX gratis. Shinjuku Station ke Narita Airport sekitar 1,5 jam, tapi NEX menyediakan wi-fi gratis.



*Harga asli one way (tanpa Pass) : JPY 2,000


Dari total perjalanan saya, kalau dihitung dengan harga normal adalah JPY 25,600 atau sekitar 3,2 Juta rupiah (kurs JPY 1 = IDR 128). Hemat kaaannn ?

0 comments:

Post a Comment